Mengenal Hukum Zakat



Oleh Deni Rahman | Ketua Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan. Pada masa permulaan Islam di Mekkah, kewajiban zakat ini masih bersifat global dan belum ada ketentuan mengenai jenis dan kadar (ukuran) harta yang wajib dizakati. Zakat baru diwajibkan pada tahun 2 Hijriah, pada bulan Syawal (Azzam, 2013:344).


Zakat terdiri dari zakat fitrah dan zakat maal (harta). Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan muslimin menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan berupa makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan. Sedangkan zakat maal adalah pendapatan zakat hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas, dan perak, dan zakat profesi (Chaniago, 2015:48).


Berikut ini ayat-ayat Al Quran yang menyebutkan kewajiban zakat : 


اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ


Artinya : Sesungguhnya  zakat-zakat  itu,  hanyalah  untuk  orang-orang  fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang,  untuk  jalan  Allah  dan  untuk  mereka  yang  sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan  Allah  Maha  mengetahui  lagi Maha  Bijaksana. (QS At-Taubah : 60)


وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ


Artinya : Dan  orang-orang  yang  beriman,  lelaki  dan  perempuan,  sebahagian mereka  (adalah)  menjadi  penolong  bagi  sebahagian  yang  lain, mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat padaAllah  dan  Rasul-Nya.  Mereka  itu  akan  diberi  rahmat  oleh  Allah; Sesungguhnya   Allah   Maha   Perkasa   lagi   Maha   Bijaksana (QS At-Taubah : 71)


خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ


Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka   dan   berdoalah   untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi  mereka.  dan  Allah  Maha  mendengar  lagi  Maha  mengetahui. (QS At-Taubah : 103)


وَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ رِّبًا لِّيَرْبُوَا۠ فِيْٓ اَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُوْا عِنْدَ اللّٰهِ ۚوَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ زَكٰوةٍ تُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُضْعِفُوْنَ


Artinya  : Dan   sesuatu   riba   tambahan yang   kamu   berikan   agar   dia bertambah  pada  harta  manusia,  Maka  riba  itu  tidak  menambah  pada sisi  Allah. Dan  apa  yang  kamu  berikan  berupa  zakat  yang  kamu maksudkan  untuk mencapai  keridhaan  Allah,  Maka  yang  berbuat demikian Itulah orang-orang yang dilipatgandakan pahalanya.(QS Ar-Ruum : 39)


وَفِيْٓ اَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّاۤىِٕلِ وَالْمَحْرُوْمِ


Artinya : Dan  pada  harta-harta  mereka  ada  hak  untuk  orang miskin  yang meminta  dan  orang  miskin  yang  tidak  mendapat  bagian.  (QS Adz-Dzariyaat : 19)


وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ


Artinya : Padahal  mereka  tidak  disuruh  kecuali  supaya  menyembah  Allah dengan  memurnikan  ketaatan  kepada-Nya  dalam  (menjalankan) agama  yang  lurus,  dan  supaya  mereka  mendirikan  shalat  dan menunaikan  zakat;  dan  yang  demikian  Itulah  agama  yang lurus. (QS Al-Bayyinah : 5)


Adapun hadits Nabi SAW tentang kewajiban zakat antara lain sebagai berikut : 


وقال إ بن عباس رضي ﷲ عنھما قال  :حدثي أبو سفیان رضي ﷲ عنھ فذكر حدیث النبي صلى ﷲ علیھ وسلم فقا ل  : یأمرنا بالصلاة والزكة والصلة والعفاف


Artinya : Ibnu  Abbas  r.a  berkata,  aku  diberi  tau  oleh  Abu  Sofyan  r.a,  lalu menyebutkan hadis Nabi ia mengatakan, Nabi menyuruh supaya kita mendirikan   shalat,   menunaikan   zakat,   sillaturrahmi   (hubungan keluarga)  dan  afaf,  menahan  diri  dari  perbuatan  buruk.  (HR.Bukhori) 


عن ابن عمر رضي ﷲ عنهما قال أن النبي ﷺ قال بني الإسلام  على  خمس  شهادة  أن  لااله  الا  ﷲ  وأن  محمد رسول  ﷲ, وإقام الصلاة ,وإيتاء الزكاة, والحج , وصوم رمضان.

 رواه البخاري


Artinya :  Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam dibangun di atas lima (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illa Allah dan (syahadat) Muhammad Rasulullah, menegakkan shalat, membayar zakat, hajji, dan puasa Ramadhan”. (HR Bukhari)


Hadits Rasulullah SAW : 

Artinya: Kata Rasulullah, “Sesungguhnya engkau akan mendatangi satu kaum Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani), maka hendaklah pertama kali yang kamu sampaikan kepada mereka ialah syahadat Lâ Ilâha Illallâh wa anna Muhammadar Rasûlullâh -dalam riwayat lain disebutkan, ‘Sampai mereka mentauhidkan Allâh.’- Jika mereka telah mentaatimu dalam hal itu, maka sampaikanlah kepada mereka bahwa Allâh Azza wa Jalla mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu sehari semalam. Jika mereka telah mentaati hal itu, maka sampaikanlah kepada mereka bahwa Allâh mewajibkan kepada mereka zakat yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka untuk diberikan kepada orang-orang fakir. Dan jika mereka telah mentaati hal itu, maka jauhkanlah dirimu (jangan mengambil) dari harta terbaik mereka, dan lindungilah dirimu dari do’a orang yang teraniaya karena sesungguhnya tidak satu penghalang pun antara do’anya dan Allâh.”


Dr. Fuadi (2016) mengemukakan bahwa Zakat adalah suatu kewajiban bagi umat Islam yang telah ditetapkan dalam Al Qur’an, Sunnah Nabi dan Ijma para ulama. Ia merupakan salah satu sendi (rukun) Islam yang selalu disebutkan sejajar dan selaras dengan shalat. Masalah ini mengindikasikan betapa pentingnya zakat dalam ajaran Islam. Zakat merupakan ibadah yang sangat unik, selain mengandung ta’abbudi (penghambaan) kepada Allah juga memiliki fungsi sosial. 


Ibadah ini diwajibkan kepada umat Islam pada tahun kedua setelah hijrah. Para ulama sepakat bahwa zakat tidak diwajibkan kepada para Nabi, karena zakat bertujuan untuk mensucikan diri dari usaha yang kotor (Fuadi,2016:1-3). 


Lebih baru Lebih lama