9 Jus Buah Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Gambar: Healtyfoodhouse


BASHIRAHNEWS.COM-Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang seringkali tidak dirasakan gejalanya tetapi fatal akibatnya, sehingga dikenal dengan istilah "The Silent Killer".

Salah satu cara yang banyak dipakai orang untuk membantu menurunkan darah tinggi adalah minum jus buah.

Terdapat beberapa jenis buah yang berkhasiat dalam menurunkan darah tinggi, diantaranya:

1. Jus Buah Bit

Bit adalah salah satu jenis buah yang bisa diolah sebagai jus penurun darah tinggi. Kandungan nitrat yang tinggi dalam buah ini dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain dijus, kamu bisa mengonsumsi buah bit dalam berbagai cara, seperti ditambahkan pada sereal sarapan, dipanggang bersama sayuran, dibuat menjadi salad, dan lainnya.

2. Jus Tomat 

Tomat dipercaya sebagai salah satu buah yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dijelaskan melalui salah satu riset yang dipaparkan dalam Journal Food Science & Nutrition pada 2019.

3. Jus Buah Beri

Buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry ternyata sangat bermanfaat sebagai jus penurun darah tinggi.

Buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah hasil studi menyatakan bahwa ini dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Jus Delima

Perlu Anda ketahui bahwa selain kaya vitamin C dan folat, jus delima juga memiliki efek antiinflamasi yang sangat kuat. Efek inilah yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut Jurnal Pharmacological Research pada 2017.

5. Jus Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat terjangkau dan mudah ditemukan yang mengandung banyak kalium yang sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi.

6. Jus Kiwi

Mengonsumsi satu porsi buah kiwi secara rutin mampu mengurangi tekanan darah. Jadi bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi akut, buah satu ini sangat cocok sebagai obat. Hal ini dijelaskan dalam Medical News Today.

7. Jus Delima 

Sebuah hasil riset yang terdapat dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi jus delima lebih dari satu gelas setiap hari selama 4 minggu berturut-turut berkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga membuat tekanan darah ikut menurun dalam waktu yang singkat.

8. Jus Semangka

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menyatakan bahwa semangka dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

9. Jus Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan, lemak baik, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenat, folat, serta kalium yang baik bagi penderita hipertensi. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 20% kalium.

Kandungan antioksidan, lemak baik, serat, dan kalium inilah yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. [Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama