5 Tips Menghentikan Kebiasaan Overthinking

zahrapedia.com

BASHIRAHNEWS.COM -Overthinking merupakan istilah yang sering ditujukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir.

Biasanya orang-orang yang mengalami overthinking merupakan orang yang sering merasakan kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu yang mereka pikirkan.

Namun jangan menyamakan overthinking dengan pemikir, orang yang bersikap seperti ini seringkali memikirkan hal-hal yang ringan secara berlebihan.

Overthinking dapat disebabkan karena adanya kekhawatiran atau kecemasan akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, konflik besar, bahkan trauma di masa lalu, yang terus membuat mereka tidak bisa melupakannya sampai harus berpikir secara hati-hati.

Orang yang terlalu banyak berpikir umumnya tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalaminya dan tetap terus berlanjut untuk memikirkannya sampai berlarut-larut.

Berikut 5 tips menghentikan kebiasaan overthinking:

1. Melawan Pikiran Kita

Sebagai salah satu cara agar tidak overthinking, pastikan kita menyadari pikiran dan cobalah melawannya sebelum pikiran-pikiran itu benar-benar mengganggu kita.

2. Fokus Pada Penyelesaian Masalah

Overthinking sangatlah tidak berguna jika kita tidak memikirkan solusinya.

cara agar tidak overthinking yaitu menanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kita pelajari dari masalah di masa lalu atau menghindari masalah yang sama di kemudian hari.

3. Menemukan Pengalihan

Salah satu cara agar tidak overthinking adalah dengan menemukan pengalihan atau distraksi, Carilah aktivitas yang kita sukai.

seperti mempelajari skill memasak, pergi ke kelas olahraga favorit, mencoba hobi baru, dan lainnya.

4. Mengambil Napas Dalam

Meski terdengar sepele, namun mengambil napas dalam cukup efektif sebagai cara agar tidak overthinking.

Ketika pikiran sudah mulai dipenuhi kekhawatiran-kekhawatiran, cobalah menutup mata dan bernapas dalam-dalam.

5. Bersyukur

Daripada fokus menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang kita lakukan di waktu lalu, cobalah fokus dengan rasa syukur.

Akui bahwa perasaan kita benar-benar ada. Dalam hati, ungkapkan frasa-frasa seperti “bolehkah saya menerima diri saya apa adanya” atau “kehidupan saya sudah cukup."

Dan jangan lupa berdoa supaya diberi Kesabaran dan Kekuatan Hadapi Musibah, salah satu doa yang terkenal dari Ummu Salamah yaitu:

Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha. 

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."[]

BACA JUGA: Sabar Itu, Akan Indah pada Waktunya

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama