Cara Meningkatkan Kesabaran Dalam Islam

 

Foto: Google



BASHIRAHNEWS.COM-Sabar merupakan sifat manusiawi yang menunjukkan seberapa kuat seseorang dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Sabar juga merupakan ujian dari Allah SWT kepada hamba-Nya. 


Tujuan dari ujian tersebut tidak lain adalah untuk menjadikan hamba-Nya menjadi lebih baik, mencapai Tujuan Hidup Menurut Islam,  dan memperkuat keimanannya. Akan tetapi banyak orang yang tidak sabar ketika diuji oleh Allah SWT. Pada akhirnya mereka merasa stres dan putus asa. 


Berikut adalah cara meningkatkan kesabaran :


1. Niatkan Segala Sesuatunya Karena Allah


Salah satu Cara Meningkatkan Kesabaran adalah dengan meluruskan niat. 


Segala sesuatu hendaklah diniatkan karena Allah SWT. Sesungguhnya sesuatu yang diniatkan karena Allah akan mendapat ridha dari-Nya. Dan keridhaan dari Allah akan menimbulkan kesabaran.


2. Membaca Al Qur’an


Al Qur’an merupakan pedoman bagi umat islam. Di dalamnya banyak terkandung pelajaran-pelajaran hidup yang berharga yang akan menuntun kita kepada kebaikan. Sebagaimana Fungsi Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca Al Qur’an dan mengamalkannya dapat membuat hidup menjadi lebih baik dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup yang terjadi. Sehingga kesabaran akan muncul dan tumbuh di dalam diri.


3. Berlatih untuk Bersabar


Melatih kesabaran secara terus menerus akan dapat meningkatkan kesabaran. Lebih dari itu, kesabaran yang dilatih secara terus menerus dapat menjadi kebiasaan. Nabi Muhammad Saw. bersabda:


“… barang siapa yang menyabar-nyabarkan diri (berusaha bersabar), maka Allah akan menjadikannya orang yang sabar…” (HR. Bukhari)


Itulah beberapa cara meningkatkan kesabaran kita, Semoga Bermanfaat dan dapat diamalkan di diri masing-masing.[]


Lebih baru Lebih lama