Syurga Bagi Para Pelaku Tholabul Ilmi

Foto : Hamidudin Sya'bani 

Oleh Hamidudin Sya'bani | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi Bogor


TUNTUTLAH ilmu sampai ke negri China Demikian bunyi pepatah bijak yang mengingatkan betapa pentingnya kita menuntut ilmu dan betapa luasnya ilmu yang harus kita jelajahi.


Pada dasarnya menuntut ilmu sama seperti mendirikan shalat.Bukan hanya sekedar kewajiban tapi kebutuhan kita untuk menjadi orang yang berkualitas dan bermanfaat untuk orang lain.


Dengan menuntut ilmu kita juga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah, mana yang harus kita jalanin dan mana yang harus kita hindari.


Banyak sekali dalil tentang betapa pentingnya menuntut ilmu termasuk hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah :


طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ


“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah 


Ilmu adalah kehidupan dan cahaya, sedangkan kebodohan adalah kematian dan kegelapan. Selain itu juga mencari ilmu sesuatu kebutuhan primer karna dengan ilmulah kita bisa menjalani kehidupan.


Kewajiban mencari ilmu waktunya tidak ditentukan sebagai mana sholat. Tetapi setiap ada kesempatan untuk menuntutnya, maka dari itu kita harus menuntut ilmu.


Seperti janji Allah SWT kepada pelaku tolabulilmi  pada suatu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim :


مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ


“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).


Itulah betapa istimewanya seorang penuntut ilmu dimata Allah SWT karna istimewanya Allah janjikan Syurga untuk nya sebagai balasan terhadap apa yang telah ia lakukan.


Apalagi kita tidak mempunyai pegangan hidup yaitu iman dan takwa kita akan mudah terpengaruh oleh dampak negatif. Karena dengan itu ilmu sangat penting dalam kehidupan kita dengan ilmu kita untuk menggapai dunia dan dengan ilmu juga kita menggapai akhirat.


Karenanya teman teman sudah tidak ada waktu dan alasan lagi untuk kita bermalas malasan dalam menuntut ilmu,Bangkitkan semangatmu untuk menggapai apa yang kamu impikan dan menggapai apa yang telah Allah SWT janjikan  yaitu syurga untuk para pelaku tholabul ilmi.[] 

Lebih baru Lebih lama