Menghafal Quran, 1 Persen Bakat 99 Persen Keringat

 

Oleh Shofi Laili | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi Bogor 


SIAPA BILANG menghafal AlQuran itu susah, bahkan Allah menegaskan dalam Al-Quran berkali kali jika AlQuran itu mudah.


Firman Allah :

ﻭﻟﻘﺪ ﻳﺴﺮﻧﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻟﻠﺬﻛﺮ ﻓﻬﻞ ﻣﻦ ﻣﺪﻛﺮ

“Dan sungguh telah kami mudahkan AlQuran untuk peringatan. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajara?.”(Alqamar:54/17,22,32,40)


Itu sudah banyak terbukti, dari mulai anak-anak sampai yang sangat berumur pun mereka bisa menghafal AlQuran. Bahkan ada yang buta,tuli, hingga yang akalnya kurang sempurna Allah mudahkan untuk mereka dalam menghafal AlQuran.


‘Kenapa saya sulit sekali ketika menghafal’, banyak yang mengatakan seperti itu. Ya memang sulit bagi yang belum terbiasa atau bagi yang baru menghafal dan faktor yang paling utama adalah istiqomah atau konsisten.


'Saya tidak punya banyak waktu,’ ’saya sibuk,’ dan berbagai alasan. Apakah hidup itu hanya untuk dunia saja. Coba luangkan sedikit waktu untuk Allah, untuk menghafal kalam Allah satu ayat saja dalam sehari, misalnya 15 menit saja, bukankah itu mudah.


Agar mudah dalam menghafal ada beberapa tips dan caranya. Berikut ini tips-tips dalam menghafal :


1.Niat

Luruskan niat hanya karena Allah, ketika seseorang berusaha di jalan kebaikan, murni atas nama Rabbnya maka mustahil bagi Allah untuk tidak memberikan pertolongan kepadanya. Hanya saja kadang-kadang makhluk-Nyalah yang terlalu cepat bosan dalam menapaki jalan perjuangan tersebut. 


2.Doa dan Tawakkal

Iringi proses menghafal dengan perbanyak doa dan tawakkal. Minta juga doa dari orang tua karena doa orang tua adalah doa yang mustajab.

Nah jika 2 poin itu sudah terpenuhi maka insya Allah dalam proses menghafal akan diberi kemudahan.


3. Waktu dan Tempat

Pilihlah waktu terbaik untuk menghafal. Misal di sepertiga malam atau di waktu-waktu santai. Carilah tempat yang pas untuk hafalan, misal di masjid, di taman, di kamar atau di tempat manapun yang cocok untuk hafalan.

Kenapa harus pilih tempat dan waktu yang cocok? Karena dalam menghafal butuh ketenangan dan kefokusan sehingga hafalan mudah masuk.


4.Mushaf

Dalam menghafal sebaiknya gunakan satu mushaf saja, jangan diganti-ganti karena ketika seseorang menghafal ayat Alquran maka secara otomatis dia telah merekam dalam ingatannya letak-letak ayat-ayat tersebut. Dikhawatirkan jika mengganti-ganti mushaf ketika hafalan akan mengacaukan hafalannya karena tidak semua AlQuran letaknya sama.


5. Target

Pasanglah target dalam menghafal, misal satu hari satu halaman atau sesuai kemampuan, maka pada hari itu fokuskan pada target yang ditentukan.

Sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali 


6. Tekun

Setelah memasang target, langkah berikutnya adalah dibaca berulang-ulang minimal 15 sampai 20 kali atau sampai benar-benar lancar tidak ada salahnya sama sekali, setelah itu mulai menghafal lagi. 

Dalam menghafal ini banyak sekali metodenya. Berikut adalah metode yang paling sering,dipakai oleh para hafid dan hafidzah :

mulai menghafal ayat-ayat yang sudah dibaca berulang-ulang dari ayat yang pertama. Setelah ayat yang pertama selesai dihafalkan maka lanjut ayat yang kedua. Sebelum lanjut ayat yang  ketiga lalu menghafal ayat keempat, begitu seterusnya hingga selesai.


7. Diamalkan

Apabila suatu ilmu ingin melekat maka kuncinya adalah dengan diamalkan. Begitu juga dengan hafalan. Bagaimana cara mengamalkannya, yaitu dengan membaca ayat-ayat yang sudah dihafal dalam sholat atau bisa juga dengan banyak mengulang-ngulang meskipun sedang melakukan aktifitas lain.


 8. Istiqamah

Ini adalah hal yang paling penting karena dengan istiqamahnya seseorang itu menunjukkan kesungguh-sungguhannya dalam berusaha dan dengan istiqamah ia akan mencapai apa yang ia usahakan.[] 

Lebih baru Lebih lama