Manfaat Menggunakan Siwak




BASHIRAHNEWS.COM- Jauh sebelum manusia mengenal pasta dan sikat gigi, siwak sudah dipergunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Banyak umat Islam di seluruh dunia, terutama di negara-negara Arab, menganggap siwak sebagai pembersih gigi terbaik. 

Siwak terbuat dari ranting atau akar pohon Salvadora persica dengan menggabungkan fungsi sikat dan pasta gigi. 

Dan menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi, berikut manfaat siwak yang harus kamu tahu agar segera menggunakannya. 

1. Mencegah gigi rusak

Kerusakan gigi terjadi ketika enamel gigi mengalami kerusakan. Ini terjadi biasanya karena bakteri yang ada di rongga mulut menggunakan pati dan gula yang ada dalam makanan untuk menghasilkan asam yang menghilangkan enamel. Sementara itu kandungan flouride dalam siwak dapat memerangi kerusakan gigi. Siwak juga bisa memperkuat enamel gigi berkat kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida.

2.Melawan bakteri

Banyak penelitian yang dilakukan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menemukan bahwa siwak telah terbukti mengandung sejumlah senyawa antibakteri alami yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Orang yang bersiwak secara teratur lebih sedikit mengalami masalah kesehatan rongga mulut dibandingkan mereka yang hanya menggunakan sikat dan pasta gigi.

3.Menghilangkan bau mulut

Bau mulut atau halitosis adalah indikasi adalah masalah kesehatan gigi dan mulut. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari mengonsumsi makanan dengan bau menyengat hingga adanya gigi yang berlubang. Kurangnya produksi air liur, seperti di waktu puasa Ramadhan, juga bisa menyebabkan bau mulut.

4. Anti-karsinogenik dan analgesik

Enzim antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan polifenoloksidase yang terkandung di dalam siwak dikatakan memiliki sifat anti-karsinogenik atau membantu mencegah kanker. Meskipun belum dapat ditentukan efektivitasnya dalam melawan kanker yang sudah ada di dalam tubuh, penggunaan siwak dapat menjadi tindakan pencegahan dan telah dibuktikan melalui penelitian. Selain itu, bahan aktif yang ada di siwak memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri, yang membantu mengatasi peradangan dan nyeri, terutama pada gusi.

5. Menyegarkan mulut

Manfaat lain menggunakan siwak adalah rasa dan aroma menyegarkan dari rongga mulut. Ini karena ada senyawa aromatik pada siwak yang mudah menguap secara alami. Setelah bersiwak, pasti ada perasaan bersih dan napas segar seperti menggunakan obat kumur.

Siwak telah digunakan sejak lama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain halal, bahan ini juga memiliki banyak manfaat yang telah dibuktikan secara medis.[Ahmad Firmansyah]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama