Allah Gembira Jika Kamu Bertaubat

 

Foto : Tian Erika Restiana 

Oleh Tian Erika Restiana | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


SETIAP manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Tetapi tentu saja Allah SWT sangat gembira terhadap hambaNya yang mau bertaubat atas kesalahan dan dosa-dosanya. 

   

Entah itu kesalahan besar maupun kesalahan kecil, dalam ajaran islam setiap hal yang dilakukan tidak sesuai dengan syariat islam, maka si pelaku akan mendapatkan dosa atas perbuatannya.


Lalu apa sih pengertian dari taubat itu sendiri?


Taubat yaitu perbuatan yang sangat terpuji yang di anjurkan oleh agama. Taubat juga sarana untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan sebagai media untuk kembali ke jalan Allah SWT.


Sebagai seorang manusia biasa, kita sudah tentu tak luput dari perbuatan dosa, baik disadari ataupun tidak disadari. Itulah sebab munculnya anjuran bagi umat Islam untuk bertaubat dengan cara yang diridhoi Allah SWT.


Namun, tahukah kamu bahwa Allah sangat suka pada hamba-Nya yang bertaubat? 


Sampai-sampai Allah sangat bergembira, diibiratkan lebih bergembira dibanding seseorang yang kehilangan hewan tunggangannya , lalu hewan tersebut tiba-tiba datang lagi kembali.


Dari Abu Hamzah Anas bin Malik Al Anshari, pembatu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,


اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ ، وَقَدْ أَضَلَّهُ فِى أَرْضِ فَلاَةٍ


“Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas.” (HR. Bukhari no. 6309 dan Muslim no. 2747).


Harus kita ketahui bahwa taubat dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya merasa memiliki dosa, tetapi juga harus dilakukan sekalipun kita merasa tidak berbuat dosa.


Seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang senantiasa bertaubat dan beristigfar seratus kali setiap harinya padahal ia adalah orang yang ma’shum (terpelihara dari dosa).


Karena itu, gunakanlah sarana taubat ini untuk selalu dekat kepada Allah dan kembali ke jalan-Nya.


Kita harus senantiasa percaya dan optimis bahwa apabila taubat yang telah kita lakukan dikerjakan dengan hati ikhlas dan hanya mengharap ampunan serta Ridha dari-Nya, maka Insya Allah taubat kita akan senantiasa diterima oleh Allah SWT.[]




Harga Beton Murah di Jabodetabek Klik di Sini





Lebih baru Lebih lama